Pegadaian dan BRI Adakan Seminar“Literasi Keuangan dan Aspek Permodalan Untuk UMKM”

beritaKUH- Untuk membantu pelaku usaha super mikro dalam hal mengatur keuangan dan mendapatkan akses permodalan, PT Pegadaian bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Republik Indonesia (Dekranas RI), Kementerian BUMN dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar seminar “Literasi Keuangan dan Aspek Permodalan Untuk UMKM” yang diadakan secara luring dan daring, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (22/09). Seminar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan  yang tergabung dalam acara tahunan KRIYANUSA 2022.

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian Yudi Sadono mengatakan, program ini sejalan dengan visi perusahaan sebagai The Most Valuable Financial Company di Indonesia dan Sebagai Agen Inklusi Keuangan Pilihan Utama Masyarakat”, serta sebagai wujud komitmen perusahaan untuk menjalankan misi untuk membantu pemerintah dalam pembangunan ekonomi.

“Seminar ini adalah salah satu bentuk dukungan Pegadaian, dalam pengembangan kewirausahaan dengan bekerja sama dengan stakeholders terkait. Kegiatan seminar kewirausahaan ini merupakan penjabaran dalam pengaplikasian Keputusan Presiden terkait Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia untuk peningkatan UMKM/IKM/Artisan ke ekosistem digital, peningkatan transaksi penjualan dan pendampingan dalam memulai dan mengembangkan jiwa kewirausahaan,” jelas Yudi.

 

Adapun topik seminar, mengangkat isu tentang permodalan dan pengembangan usaha, yang selalu menjadi isu populer yang dialami oleh para pelaku usaha di Indonesia. Hal ini bertujuan, untuk menambah kepercayaan diri para pelaku usaha dalam memulai dan mengembangkan usaha yang berdaya saing.

“Kami berharap, kegiatan seminar ini dapat memberi manfaat positif bagi  para pelaku usaha untuk dapat semakin percaya diri dalam memulai, menjalankan dan mengembangkan usaha mereka untuk naik kelas,” tambah Yudi.

Acara ini, dihadiri oleh Anggota Bidang Pendanaan DEKRANAS Irin Tiko, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting sebagai Keynote Speakers, AVP Divisi Micro Sales Management PT Bank Rakyat Indonesia (Tbk) Asep Nugraha yang akan menyampaikan aspek permodalan, Founder IKAT Indonesia Didiet Maulana tentang edukasi pengembangan usaha serta Bambang Heru dan Deputi Area Senen PT Pegadaian yang akan menyampaikan soal investasi bagi UMKM. Turut hadir Zaskia Adya Mecca yang akan memandu jalannya acara sebagai moderator.

Kriyanusa, merupakan event tahunan yang memamerkan ragam kerajinan khas Indonesia. Hal ini menjadi momentum bagi para pengrajin, untuk menampilkan produk kerajinan unggulan dari berbagai daerah, yang dihasilkan oleh para pelaku industri kerajinan yang kompeten.




Leave a Reply