SIMULASI KEBAKARAN BERSAMA THE ALANA YOGYAKARTA HOTEL & CONVENTION CENTER

beritaKUH- Kebakaran menjadi suatu hal yang sangat berdampak bagi sebuah perusahaan dan sangat beresiko untuk memakan korban. Oleh karena itu, The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center akan mengadakan sebuah simulasi kebakaran yang dipimpin oleh Bapak Paulus Tri selaku Chief Security sekaligus sebagai pemberi materi mengenai latihan kebakaran api atau “Fire Safety” untuk antisipasi terjadinya kebakaran hotel. Simulasi tersebut akan dilaksanakan pada 12 September 2022 mendatang dan diikuti oleh semua staf.

Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran. Hal inilah yang menjadi dasar dilaksanakannya simulasi latihan menghadapi kebakaran di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center. Kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran, pada umumnya masih sangat perlu pengetahuan yang lebih luas lagi. Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya, diperlukan tingkat pengetahuan tentang api yang memadai. Upaya pencegahan akan lebih mudah dan lebih ringan dibandingkan penanggulangannya. 

Pentingnya simulasi “Fire Safety” yaitu untuk memahami bagaimana kebakaran terjadi dan upaya pencegahan dan penanggulangannya. Tingkat pemahaman dan pengetahuan orang itu berbeda-beda, sehingga diperlukannya simulasi ini. Selain itu juga agar staf dan karyawan  dapat lebih lagi mengenal sarana dan prasarana peralatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran, karena jika tidak kenal peralatan tersebut, maka tidak bisa menggunakannya, juga terancam dalam kebakaran, mengantisipasi dan mengurangi kerugian akibat kebakaran. Kerugian tersebut bermacam-macam bisa berupa materi, benda, bahkan menelan korban jiwa. Serta, untuk menjaga citra perusahaan agar tidak kehilangan kepercayaan di masyarakat.

“Simulasi Fire Safety bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran bagi staf dan karyawan The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center untuk mengetahui cara menanggulangi kebakaran ringan ataupun berat dengan menggunakan alat alat pemadam kebakaran yang sudah disediakan di setiap area di hotel . Kita harus tetap waspada dan selalu hati-hati dalam beraktivitas yang berhubungan dengan kelistrikan dan api yang mungkin terjadi di mana saja dan kapan saja”, ujar Merlin P Manulang selaku General Manager.




Leave a Reply